Kursus E-Commerce Jogja – E-Commerce merupakan singkatan dari Electronic Commerce aatau E-commerce merupakan sebuah transaksi jual beli secara online. Electronic Commerce mengacu pada teknologi seperti mobile commerce, transfer dana elektronik, manajemen supply yang berkelanjutan, pemasaran Internet, pemrosesan transaksi online, pertukaran data elektronik, sistem manajemen mengenai persediaan, dan sistem pengumpulan data otomatis. Saat ini industry bidang teknologi informasi menilai bahwa kegiatan e-commerce ini adalah pengaplikasian dan penerapan dari e-bisnis yang ada kaitannya dengan transaksi komersial, contohnya saja: pentransferan dana secara elektronik, supply chain management, e-marketing, atau online marketing, pemrosesan transaksi online, pertukaran data elektronik , dan masih banyak lagi lainnya. Proses bisnisnya terjadi ketika perusahaan atau individu melakukan komunikasi terhadap klien atau nasabah lewat e-mail, namun pemasaran atau penjualannya di lakukan melalui internet.Kursus E-Commerce Jogja
Untuk memastikan keamanan, privasi dan efektivitas e-commerce, bisnis tersebut harus mengotentifikasi transaksi bisnis yang ada, mengendalikan atau mengatur akses ke sumber daya seperti halaman web untuk pengguna terdaftar atau yang dipilih, mengenkripsi komunikasi dan menerapkan teknologi keamanan seperti Secure Sockets Layer dan dua faktor otentikasi. Sehingga dapat memberikan keuntungan berupa keamanan, fleksibililtas dan ke-efisiensiannya terjaga. Bagaimana cara pembayarannya ? Cara pembayarannya mudah saja dengan cara melaui pembayaran digital secara E-Gold yang sudah di akui di belahan dunia manapun dalam proses transaksi online.
- Ada 6 tipe dasar e-commerce:
- Business-to-Business (B2B), Dimana Harga didasarkan pada jumlah pesanan dan seringkali bisa dinegosiasikan.
- Business-to-Consumer (B2C)
- Konsumen-ke-Konsumen (C2C)
- Consumer-to-Business (C2B), Konsumen memposting proyeknya dengan anggaran yang ditetapkan secara online dan dalam beberapa jam perusahaan meninjau persyaratan dan tawaran konsumen atas proyek tersebut. Konsumen meninjau tawaran dan memilih perusahaan yang akan menyelesaikan proyek.
- Business-to-Administration (B2A)
- Consumer-to-Administration (C2A)
Perusahaan yang menggunakan jaringan internal untuk menawarkan produk dan layanan karyawan mereka secara online. Inilah beberapa keuntungan yang diperoleh dengan menggunakan transaksi melalui E-Commerce bagi suatu usaha baik perusahaan besar maupun usaha kecil perseorangan adalah sebagai berikut :
- Meningkatkan pendapatan karena disatu sisi biayanya lebih murah, tapi untuk periklanannya lebih luas.
- Mengurangi biaya-biaya terhaadap barang- barang seperti kertas, dan lain sebagainya.
- Mempercepat proses transaksi dan memudahkan pembayaran karena melalui transfer elektronik/pembayaran sehingga tepat waktu dan dapat langsung dicek.
- Pelayanan menjadi lebih meningkat ke pelanggan, dan pelayanan pun jadi lebih responsif.
- Juga kemampuannya dalam mencapai pasar global, tanpa harus menyiratkan investasi finansial yang besar. Batas jenis perdagangan ini tidak didefinisikan secara geografis, yang memungkinkan konsumen membuat pilihan global, mendapatkan informasi yang diperlukan dan membandingkan penawaran dari semua pemasok potensial, terlepas dari lokasinya.
Bila dibandingkan dengan membeli eceran dalam siklus perdagangan tradisional, maka penggunaan E-commerce ini memberikan kesempatan pada konsumen untuk memiliki lebih banyak informasi yang tersedia dalam bentuk konten- konten informatif dan menimbulkan persepsi bahwa membeli di jalur ini ada yang lebih murah, tanpa membahayakan layanan pelanggan yang sama dengan pelanggan, serta memastikan pemrosesan cepat. dan pengiriman pesanan anda. Banyak sekali usaha yang kini menerapkan sistem e-commerce ini, anda pun dapat melakukan usaha anda melalui E-Commerce. Seperti beberapa contoh berikut ini yang sudah biasa anda temui yaitu :
- Pembelian buku melalui online.
- Pembelian tiket pesawat elektronik melalui website online.
- Pembelian paket liburan melalui website online.
- Pembelian pakaian melalui online
- Dan masih banyak lainnya
E-commerce memungkinkan penjual lebih dekat terhadap pelanggan mereka, jadi akan meningkatkan produktivitas dan daya saing perusahaan. Hal ini membuat konsumen menjadi diuntungkan dengan peningkatan kualitas layanan, sehingga menghasilkan kedekatan yang lebih besar, serta dukungan selama dan sebelum proses penjualan agar lebih efisien. Dengan cara baru dalam bidang perdagangan elektronik ini, maka kini konsumen dapat memiliki toko virtual yang buka dalam 24 jam sehari. Dalam proses pengembangan sistem dan aplikasi IT guna mengakomodasi aktivitas e-commerce, maka tata kelola peraturan yang berkaitan dengan peraturan tata tertib, peraturan privasi dan protokol perlindungan informasi harus juga dipertimbangkan. Kursus E-Commerce Jogja
Jika anda masih bertanya – tanya bagaimana cara memulai nya ? bagaimana agar anda dapat juga melakukan proses pemasaran dan kegiatan penjual belian produk atau usaha anda dengan sistem e-commerce ini. Anda dapat mendaftarkan diri anda di IMKOM Academy Jogja pada kelas Kursus E-Commerce Jogja. Di kelas Kursus E-Commerce Jogja ini, anda akan diajarkan dari dasar hingga paham. Dan akan dibimbing, oleh karena itu untuk selanjutnya mengenai kejelasan dan kelengkapannya anda dapat mendaftarkan diri di IMKOM Academy Jogja melalui dua cara berikut ini :