Pelatihan Pengelolaan Website Desa

Pelatihan Pengelolaan Website Desa – Salah satu hal yang identik dengan website ialah internet, bahkan beberapa orang tidak mengerti apa bedanya internet dan website sehingga sering kali kita mendengar orang berkata “Cari saja di internet ..” padahal mungkin yang dimaksud adalah “Cari saja di website Google …” atau website lain. Jika internet merupakan seluruh jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan standar sistem TCP/IP sebagai protokol pertukaran paket untuk melayani milyaran pengguna di seluruh dunia. Sedangkan website?

Website merupakan sebuah halaman yang menyajikan informasi baik dalam bentuk tulisan, suara, gambar atau video yang telah diletakkan pada suatu server dimana untuk mengaksesnya perlu adanya jaringan internet. Ada banyak jenis website yang sering anda jumpai, seperti: Company Profile, Toko Online, Blog, Web Portal, Search Engine, Forum, Sosial Media, dsb.

Perkembangan zaman yang sangat cepat ialah cara kita merespon perubahan yang terjadi di sekitar kita, salah satunya membawa perubahan di Desa menjadi lebih baik dengan adanya sebuah website. Desa memiliki peran yang penting dalam mendorong masyarakatnya untuk terus melakukan inovasi dari sisi ekonomi, pemberdayaan masyarakat dan lingkungan hingga teknologi yang digunakan dalam mempermudah kehidupan masyarakat desa. Pemanfaatan website desa salah satunya sebagai sarana pelayanan publik dan manajemen informasi desa.

Pelayanan publik merupakan amanat untuk setiap fungsi pemerintahan di negara ini, bahkan di desa. Dalam UUD 1945 dan berbagai peraturan turunan lainnya terdapat aturan yang menegaskan kewajiban negara dalam melayani setiap warga negara dan penduduk dalam pemenuhan hak dan kebutuhan dasar dalam kerangka pelayanan publik. Salah satu fungsi website desa ialah sebagai media pelayanan publik.

Beberapa pelayanan publik yang dapat dilakukan dengan media website, diantaranya:

  1. Pelayanan administrasi: olah data dan dokumen
  2. Pengelolaan pengaduan masyarakat: formulir online di website desa, SMS gateway, media komunitas
  3. Pengelolaan informasi
  4. Penyuluhan kepada masyarakat

Tujuan pembangunan website desa yaitu sebagai media pelayanan publik resmi desa yang dibangun dan dikelola oleh tim desa setempat. Dengan memanfaatkan website, penyelenggaraan pelayanan publik akan dapat dilakukan secara cepat dan mudah.

Berikut beberapa tips pengelolaan website yang baik:

  1. Selalu lakukan perbaikan apabila terjadi error di dalam website, jangan menunda-nunda agar nantinya tidak merugikan usaha kita.
  2. Selalu control keamanan data yang ada di dalam website terlebih apabila data tersebut menyangkut data pribadi masyarakat desa yang harus dijaga baik-baik.
  3. Konsisten dalam mengelola website dimana sesuai dengan tujuan awal pembuatan website sehingga konten-konten yang diisikan di dalam website masih saling berhubungan dan tidak akan membingungkan pengunjung website.

Dalam mengontrol konten website tentunya diperlukan karyawan khusus yang mengerti mengenai konten website. Dimana karyawan tersebut tentu harus sering update konten agar website yang dihasilkan semakin berkualitas.

Bagi kalian yang ingin mempelajari pengelolaan website desa lebih lanjut, kalian bisa mendaftarkan diri kalian ke IMKOM Academy Yogyakarta. Kalian cukup mengisikan form pendaftaran dan melakukan pembayaran. Info kursus lainnya dapat kalian lihat disini. Nah, jika informasi yang ditawarkan masih bingung, kalian bisa langsung datang ke kantor kami di Jl. Sepakbola No. 120, Ngropoh, Condongcatur, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55283.